Minggu, 05 April 2015

Situs purbakala "Gua Pawon"

 *perjalanan menuju gua pawon*


Gua Pawon adalah situs purbakala gua yang terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Bandung
Di gua ini pernah ditemukan kerangka manusia purba yang konon adalah nenek moyang orang Sunda 
(masih diteliti di balai Arkeolog Bandung) 
Pawon sendiri dalam bahasa Sunda berarti dapur.


Mungkin karena tempatnya yang tidak terlalu besar, atau karena jalannya yang cukup sulit dilewati untuk memasuki daerah ini, popularitas Gua Pawon sendiri sebagai sebuah tempat wisata kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya seperti Kawah Putih, Tangkuban Perahu ataupun Situ lainnya.


Jalan menuju  situs ini lumayan sulit karena banyak jalan yang rusak, kemungkinan karena banyaknya truk truk pengangkut batu kapur yang banyak lalu lalang.
Letak gua ini tidak jauh dari Situ (danau) ciburuy.
Biaya yang dikenakan per orang sebesar Rp.5500,-
tanpa dikenakan tarif kendaraan lagi

namun apabila kita datang pada musim penghujan  (bulan oktober- bulan maret) jalan yang kita lewati sangat licin karena tanahnya sangat lembab. Begitupun dengan bau kotoran dari kelelawar kelelawar yang ada di dalam goa yang cukup menusuk hidung.


untuk memasuki gua pawon, bukan jalan lurus yang akan kita lalui, namun jalan terjal dan menajak yang cukup  licin oleh tetesan air dari mulut gua dan beberapa kotoran kelelawar yang ada di atas gua.
 Cukup menguras tenaga namun seru!
Disarankan menggunakan sepatu supaya mudah untuk mendaki



Tidak ada komentar:

Posting Komentar